1. Bagaimana membuat bawahan kita sendiri bekerja dengan senang?
Jawaban : sebagai kepala toko, kita mempunyai tanggung jawab dan kewajiban untuk membuat lingkungan kerja yang menyenangkan dan santai buat bawahan kita. Karena dengan adanya lingkungan sekitar yang menyenangkan, baru bisa ada hati yang gembira, baru dapat bekerja dengan senang. Bila kita ingin bawahan kita mempunyai hati yang senang, terlebih dahulu harus dimulai dari kepala toko. Kepala toko harus mengetahui cara untuk mengatur sikap dalam pekerjaan, didalam pekerjaan harian banyak menyetujui, banyak mendorong/ menyemangati, jarang mengkritik, belajar untuk memberi perhatian kepada bawahan, banyak melakukan komunikasi dengan bawahan, banyak memuji karyawan yang bekerja dengan baik, menyelesaikan masalah harus dengan benar dan adil, bergaya natural dan santai, berbaur dan beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan, dengan begini karyawan baru dapat bekerja dengan senang.
2. Bagaimana menggerakkan antusiasme inisiatif karyawan terhadap pekerjaanya?
Jawaban : setiap hari mengulangi pekerjaan yang sama dan tidak berubah pasti akan sangat membosankan sekali,sebagai seorang kepala toko, dapat menyelenggarakan sebuah kompetisi di dalam toko dan memberikan reward/hadiah yang cocok untuk meningkatkan kekuatan persaingan diantara karyawan yang berada didalam toko, juga dapat menggerakkan antusiasme karyawan terhadap pekerjaannya. Seperti misalnya, kompetisi penjualan, penilaian kepuasan customer terhadap karyawan yang menjual, bahkan bisa juga mengadakan kompetisi penjualan harian shift pagi dan shift malam, dengan begini karyawan akan berpikir untuk meningkatkan kemampuan dirinya sendiri atau mengukir prestasi dalam hal lembur, dan akan antusias untuk berinisiatif dalam bekerja. Selain itu, juga dapat mengadakan kompetisi antar toko/outlet ataupun outlet/toko yang berada dalam regional yang sama, dengan menggunakan kesempatan sesudah bekerja atau sebelum bekerja, memberitahukan dan menginformasikan tentang persaingan ini beserta target kepada karyawan yang berada didalam toko, yang akan membangkitkan sikap antusiasme dari karyawan.
3. Bila menghadapi karyawan yang depresi, bagaimana menyelesaikannya?
Jawaban : pada saat bekerja bila karyawan merasa depresi, ini berkaitan dan mempunyai hubungan yang sangat besar juga dengan kemampuan kepala toko dalam pengelolaan dan penyelesaian masalah di dalam toko. Mungkin juga karena kekurangan kemampuan untuk membimbing, tidak memperhatikan hambatan di dalam lingkungan sekitar kerja,kurangnya rasa mengandalkan antara karyawan, kurangnya komunikasi, masalah dalam pekerjaan tidak diselesaikan dengan baik, dan lain-lain, ini juga dapat mengakibatkan karyawan merasa depresi di lingkungan kerjanya. Pastinya alasan setiap orang mengalami depresi tidaklahsama. Ada orang yang mungkin hal yang berlebihan dari pekerjaannya, sering gagal, bahkan mungkin kehilangan keyakinan terhadap pekerjaannya sendiri. Tidak berantusias lagi; ada orang yang mungkin juga karena bertemu dengan atasan yang angkuh, tidak dapat mencapai rasa kepuasan terhadap pekerjaan yang dirintis sendiri; masih ada juga orang yang karena kurangnya keharmonisan antara rekan sekerja, bahkan mungkin dalam hal berkomunikasi dan berbaur juga menjadi tidak menyenangkan, setiap hari ke kantor, begitu bertemu sudah timbul perasaan benci, bahkan juga mungkin karena adanya masalah pribadi sendiri, dan lain-lain.
Pokoknya,karyawan tidak dapat memusatkan perhatian penuh kepada pekerjaanya, pasti ada penyebabnya. Bila sebagai orang yang mengelola kita tidak dapat memahami dengan seksama pikiran hati karyawan, dengan seenaknya mengeluarkan kata-kata penyemangat yang tidak berarti, ini juga tidak akan berguna. Bagaimanapun, dalam menyikapi penyebab yang berbeda ini, dengan cara yang berbeda pula dalam menyikapinya sehingga dia dapat merasakan kembali semangatnya untuk bekerja, ini adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seorang pengelola. Kepala toko selain melakukan hubungan yang banyak dengan karyawannya dalam masalah pekerjaannya,juga minimal ada pendekatan terhadap kehidupan pribadinya, dari berbagai macam sisi memahami karyawan. Jadi begitu menghadapi kondisi depresi pada karyawan, segera melakukan komunikasi dengan karyawan, membantu mereka menyelesaikan masalah/kendala dalam pekerjaan mereka, bahkan sampai memberi nasehat dalam kehidupan pribadinya. Dalam menghadapi karyawan yang pekerjaannya berlebihandan yang kehilangan kepercayaan diri dan keyakinannya, dapat menukar jabatan mereka kembali, membuat mereka dapat bekerja dan berkembang dengan senang kembali, kemudian memupuk kembali rasa percaya diri mereka. Bila masalah terjadi di dalam kehidupan pribadi mereka, berusahalah memikirkan solusi dan cara untuk membantu mereka menyelesaikan masalah mereka.
4. Bila terjadi perselisihan dan kontradiksi di antara sesama karyawan, bagaimanakah cara penyelesaiannya?
Jawaban : pertama-tama, sebagai pengelola harus dapat mengerti satu hal, bahwa perselisihan tidak akan sirna/lenyap dengan sendirinya. Bila penyelesaiannya tidak bagus, perselisihan bawahan anda akan semakin sengit, jadi anda bertanggung jawab untuk memulihkan suasana keharmonisan dalam tim yang anda bimbing.
di dalam menyelesaikan perselisihan, hal-hal yang harus kita ingat adalah :
· Dalam menyelesaikan masalah, target anda adalah mencari cara penyelesaian, bukan menyalahkan salah satu orang, mungkin menyalahkan adalah benar, tetapi juga dapat mengakibatkan sikap antipati pada pihak yang satunya, hasilnya malah akan membuat mereka tidak mau berkompromi
· Janganlah memakai kata pemecatan untuk mengancam orang, kecuali bila anda memang berencana untuk memecat salah satu orang, jika tidak, ancaman yang terlalu berlebihan ini malah akan menghambat proses penyelesaian. Bila anda sudah mengancam, tetapi setelah kejadian ini anda malah tidak melaksanakannya, maka anda akan kehilangan rasa kepercayaan, orang-orang juga tidak akan dengan serius mengerjakan /mendengar apa yang anda katakan
· Harus membedakan fakta dan asumsi. Faktor yang menghilangkan perasaan, memusatkan perhatian dalam menelusurinya, pengecekan yang mendalam, mengetahui kebenaran/faktanya, dengan ini akan membuat anda menemukan akar permasalahan dari perselisihan dua pihak ini, dengan adanya penemuan akar permasalahan ini barulah merupakan kunci dari penyelesaian perselisihan ini
· Harus menyikapi dengan sikap obyektif. Jangan berasumsi pihak yang satu salah, tetapi berkeyakinanlah untuk mendengarkan pendapat dari kedua belah pihak. Cara yang paling baik mungkin adalah membiarkan kedua belah pihak yang terlibat perselisihan untuk menyelesaikan masalah mereka sendiri, sedangkan anda berperan sebagai pihak penengah. Atau anda boleh dengan privat memanggil salah satu pihak, boleh juga kedua belah pihak dipanggil bersamaan, tetapi apapun cara yang anda pergunakan, haruslah membuat kedua belah pihak mengerti bahwa setiap kontradiksi pasti akan menemukan penyelesaiannya.
Selain itu, untuk membuat berhasil musyawarah/diskusi ini, kita juga harus dapat berbuat seperti dibawah ini :
1) Memastikan tempat dan waktu. Kosongkanlah waktu yang cukup, menjamin bawa tidak akan mengumunkan kepada orang-orang tentang inti dari diskusi/musyawarah
2) Menjelaskan tentang tujuan anda. Dari pertama mulai harus membuat karyawan anda mengerti bahwa yang anda inginkan adalah kenyataan/fakta
3) Harus dengan lapang dada mendengarkan pendapat yang berbeda. Sebelum mengerti kondisi yang berkaitan jangan memotong pembicaraan dan mengemukakan pendapat. Biarkanlah pihak yang lain berbicara terlebih dahulu, berasal dari hal apakah permasalahan mereka, apakah mereka tidak akur karena perasaan ataukah didalam sikap/tabiat mereka sendiri
4) Perhatikanlah sikap dan bahasa yang anda gunakan. Ditempat tersebut anda harus ada perasaan yang tertarik terus menerus,mendengarkan dengan seksama tanpa menunjukaan sikap netral, jangan meninggalkan kesan tersangka/menuduh, ataupan sikap antipati dan sebal. Disaat karyawan membicarakan semua proses kejadian ini, anda tidak boleh menganggukkan kepala tanda setuju, anda tidak boleh membiarkan salah satu pihak merasa bahwa anda berdiri pada pihak yang sama dengan yang lainnya. Kenyataannya, harus membuat bahwa kedua belah pihak percaya bahwa anda akan berlaku adil
5) Didalam menegaskan kembali lagi fakta.Tegaskanlah kembali pengertian anda terhadap masalah kedua belah pihak, untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman di kemudian hari
6) Cara untuk mencari penyelesaian. Membiarkan kedua belah pihak mengutarakan cara penyelesaiannya, terlebih harus mengacu kepada hal yang dapat dijalankan oleh kedua belah pihak.
7) Rencana untuk menentukan langkah. Bersama dengan kedua belah pihak menentukan langkah selanjutnya, sampai mendapatkan jaminan dari kedua belah pihak untuk menjalankan langkah dari rencana ini
8) Pencatatan dan peringatan. Setelah perjanjian ini dicatat, buatlah kedua belah pihak dapat mengerti bahwa bila ada salah satu pihak yang tidak menjalankan perjanjian ini akan ada akibat yang berat
9) Janganlah lupa kepada pekerjaan setelah diskusi selesai, mungkin diskusi ini akan membuat penyebab perselisihan ini menyebar,mungkin juga akan mengakibatkan beberapa perubahan. Tetapi anda juga jangan beranggapan bahwa setelah diskusi ini selesai, perselisihan ini sudah terselesaikan.Mungkin kedua belah pihak yang berselisih ini disaat kembali kepada jabatanpekerjaan mereka masing-masing akan berdamai, tetapi mungkin di waktu yang akan datang akan tidak harmonis lagi. Anda harus mengamati perkembangan dari perdamaian mereka ini mungkin di beberapa minggu setelah diskusi, ataupun beberapa bulan sesudahnya, untuk memastikan bahwa perselisihan ini tidak akan terjadi lagi. Bila perselisihan ini tidak dapat diselesaikan, kamu bahkan boleh dengan diam-diam mengamati sikap dan kelakukan mereka. Tidak akan terjadi lagi perselisihan di antara karyawan yang lain – ini adalah salah satu tanggung jawab kerja kepala toko. Disaat anda merasakan lelah , anda baru dapat mempergunakan cara untuk mengubah pekerjaan mereka sehingga mereka dapat berpisah. Tetapi akan lebih baik juga menempatkan perubahan pekerjaan ini sebagai cara terakhir. Apakah dapat dengan pasti menyelesaikan perselisihan, membuktikan apakah anda sudah melakukan tanggung jawab anda sebagai kepala toko dengan benar. Cara penyelesaian anda akan mencerminkan pesan yang jelas kepada bawahan anda : anda tidak akan membiarkan terjadi perselisihan, tetapi anda berkemauan untuk melakukan usaha untuk menyelesaikan semua masalah.
5. Untuk karyawan lama yang sudah terlebih dahulu masuk ke dalam perusahaan sebelum anda,tetapi anda dengan kemampuan sendiri mengalami kenaikan jabatan, dan menjadi atasannya, pasti dia akan merasa tidak puas, dan tidak menghormati, tidak akan menjalankan pengaturan yang anda buat, bagaimana cara menyelesaikannya?
Jawaban : terlebih dahulu anda harus mengerti bahwa bila perusahaan mempercayai kemampuan anda, dan memberikan anda kekuatan untuk mengatur bawahan anda. Di dalam pekerjaan anda harus dengan berani mengaturnya, banyak melakukan komunikasi dengan bawahan. Dalam menghadapi orang-orang yang tidak mengikuti perintah dari atasan di dalam pengaturan pekerjaan mereka, kamu harus mengerti kenapa mereka tidak mau melaksanakan pengaturan anda, apakah karena beberapa cara kerja anda yang membuat mereka tidak puas ataukah karena adanya alasan lain.
jika karyawan lama ini adalah karena rasa tidak puas yang ada di dalam dirinya dan sengaja membuat anda susah, maka anda harus meluangkan waktu untuk melakukan komunikasi dengan dia, memberitahukan padanya bahwa perusahaan menaikkan jabatan anda adalah karena perusahaan mengakui kinerja anda di beberapa bagian, tetapi bila dibandingkan dengan karyawan lama masih banyak bagian yang tidak sempurna, di kemudian hari masih banyak memerlukan bantuan arahannya. Meskipun sekarang sudah menjadi atasan dia, juga tidak bisa dibilang siapa yang mengurus siapa, hanyalah perusahaan yang telah memberikan tanggung jawab yang lebih banyak kepada anda, berharap dia dapat mengerti dan melakukan dukungan terhadap pekerjaan.
Selain itu, didalam pekerjaan juga harus memberikan banyak perhatian kepada rekan sekerja tersebut, mengakui kelebihannya, membantu dia untuk mengerti tentang bagian dari dirinya belum sempurna/bagian yang masih kurang, lantas menyemangatinya untuk memperbaiki bagian yang kurang tersebut, dengan begini baru bisa mendapat pengakuan dari lebih banyak orang, kesempatan untuk berkembang juga akan bertambah banyak, kemudian sejak ini akan mempunyai sikap dan kondisi hati yang baik untuk menghadapi pekerjaan kedepan. Sebelum team leader yang lebih tinggi mendatangi toko, harus dengan langsung menerangkan tentang kinerja pekerjaan dari karyawan, bahkan sampai menciptakan kesempatan untuk karyawan lama tersebut melakukan komunikasi dengan team leader tersebut, dengan demikian sikap nya akan berubah, bukan hanya akan antusias dengan semangat bekerja,bahkan juga akan dengan sepenuh tenaga mendukung pekerjaan dan pengaturan anda.
6. Kepala toko yang baru menjabat bagaimana dapat dengan cepat menumbuhkan kepercayaan kepada karyawannya?
Jawaban : setelah kelapa toko baru menjabat, haruslah dengan segera mengadakan pertemuan dengan seluruh tim karyawan yang ada di dalam toko, kemudian memperkenalkan diri kepada karyawan, juga dalam kesempatan ini mengerti tentang karyawan. Setelah penjabatan kepala toko baru, karyawan akan mempunyai dua jenis kinerja, satu akan dengan serius bekerja, dan juga lebih berhati-hati dan waspada, menghindari terjadi kesalahan; yang kedua berusaha untuk melanggar system dan hal yang telah ditetapkan, melihat reaksi dari kepala toko.
Jadi, di dalam pekerjaan haruslah dengan tegas menaati system dan standar yang telah ditetapkan oleh perusahaan, bila menemui permasalahan haruslah langsung dikemukakan dan dicari penyelesaiannya, tidak boleh meninggalkan kesan tidak mau tahu/cuek kepada bawahan anda. Selain itu, di dalam berbagai kesempatan harus membuat karyawan melihat kemampuan dari diri sendiri, seperti misalnya diskusi yang professional, perbuatan yang obyektif, menyelesaikan kondisi yang tiba-tiba/darurat, dan lain-lain. Ini akan membantu bawahan anda untuk mengerti tentang anda, mempercayai anda, bahkan akan dengan cepat menumbuhkan kepercayaan terhadap anda di antara karyawan anda
7. Sebagai kepala toko yang baru menjabat, bagaimana supaya bawahan anda dapat beradaptasi dengan anda, bekerja sama dengan anda, dan membina hubungan yang baik dengantim anda?
Jawaban : bagi bawahan, didalam beradaptasi dengan kepala toko yang baru membutuhkan waktu. Jadi kepala toko juga harus dapat membiarkan dirinya sendiri menjadi contoh, banyak berbaur dan mengerjakan kerja bawahan anda dari yang paling dasar, mengerti tentang sikap dan tabiat dari masing-masing karyawan sampai harapan mereka terhadap kepala toko yang baru. Di dalam pekerjaan haruslah dengan cepat membuat diri sendiri sampai pada tahap model yang diinginkan oleh karyawan, dengan tegas mentaati system dan standar yang telah ditetapkan perusahaan terhadap pekerjaan, adil,sama rata, sampai pada tahap menjadi leader yang baik. Didalam kehidupan juga harus memperhatikan karyawan, membina komunikasi yang intens dengan karyawan,dengan kemampuan diri sendiri mempengaruhi dan membimbing karyawan untuk berkerja bersama-sama, sejak ini akan membuat karyawan menerima dan berusaha untuk bekerjasama dengan anda.
8. Setelah dipindahkan ke toko baru, bagaimana bila karyawan di dalam toko tersebut merasa tidak dapat cocok/beradaptasi dengan cara pengelolaan kita?
Jawaban : sebagai kepala toko yang baru memasuki lingkungan yang baru, anda harus mengerti bahwa karyawan yang ada di dalam toko tersebut sudah terbiasa dengan cara kerja yang sebelumnya, tidak dapat memaksa karyawan tersebut untuk bekerja sesuai dengan pemikiran anda. Bila merasakan adanya penyesuaian dalam karyawan tersebut, atupun merasa ada konflik, kamu harus berinisiatif untuk melakukan komunikasi dengan karyawan,mengerti dengan jelas dimana yang tidak sesuai menurut karyawan. Bila memang perlu buatlah perbaikan yang cocok dan sesuai, tetapi tidak boleh sepenuhnya harus disesuaikan dengan karyawan, ini akan berakibat diri sendiri diatur oleh orang lain, tidak akan mendatangkan keuntungan di pekerjaan di hari selanjutnya. Boleh juga berinisiatif untuk melakukan komunikasi dengan kepala toko yang lama, mengerti tentang cara mengelola dari kepala toko yang sebelumnya, sampai mengerti tentang perkembangan seluruh kondisi dari karyawan dan pekerjaan dari sisi panjang, pendek, yang akan mempengaruhi perkembangan pengelolaan selanjutnya.
Bener banget ini salah satu tips buat para bos biar karyawan gk stress di tempat kerja.
ReplyDeleteTerima kasih sudah berkunjug :)
DeleteBgus ini buat boss trutma, he
ReplyDeleteTerima kasih sudah berkunjug :)
DeleteBuat para Bos cocok dan ini juga akan menjadi pelajaran bagi saya jika menjadi seorang bos
ReplyDeleteTerima kasih sudah berkunjug :)
DeleteBoleh juga saran dan idenya Mas Bayu... Untuk Blog serupa saya juga baru sedang design nih, personal blogs milik saya dengan Tema Info Pelatihan dan Sertifikasi Profesi: www.sindahasian.com - MOnggo Mampir juga di Blog Media Edukasi dan Panduan Internet Marketing milik saya Mas Bayu: www.drestha.com
ReplyDeleteTerima kasih sudah berkunjug :)
DeleteOke gan :)
tutorial buat calon bos,,, keren, info yang bagus
ReplyDeleteTerima kasih sudah berkunjug :)
Delete