8 Cara Cepat Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri menjadi salah satu aspek yang penting bagi tenaga penjual. Seberapa pun kita menguasai segala hal tentang sebuah produk, bila kita tidak memiliki rasa percaya diri dalam menghadapi user, bagaimana user bisa percaya dengan penjelasan yang kita berikan tentang produk.
Makanya, supaya bisa menambah rasa percaya diri kamu, yuk simak artikel di bawah ini !


Percaya Diri 


1
Tersenyum
Tersenyum merupakan tips 1 detik jika kamu merasa gugup dan tidak percaya diri. TeTersenyum berhubungan erat dengan perasaan positif sehingga hampir tidak mungkin kamu merasa tidak enak ketika kamu tersenyum. Tersenyum lebih dari sekedar menunjukkan ekspresi pada wajah kamu. Tersenyum melepaskan hormon endorphin yang membuat kamu merasa lebih baik, meningkatkan sirkulasi darah di wajah kamu, membuat kamu merasa nyaman dengan diri kamu sendiri dan tentunya dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu. kamu akan selalu tampak lebih percaya diri di hadapan orang lain ketika kamu tersenyum.



2
Tatap mata Lawan Bicara
Sama halnya dengan tersenyum, tataplah mata semua orang di dalam ruangan. Berikan senyum kamu dan dapat dipastikan mereka akan membalas senyuman kamu; dan senyum yang diberikan orang lain dapat meningkatkan rasa percaya diri kamu dengan cepat. Sama halnya dengan tersenyum, kontak mata menunjukkan bahwa kamu percaya diri. Menatap sepatu kamu atau meja mendorong perasaan kamu menjadi ragu-ragu dan malu. Tips ini sangat berguna untuk situasi kerja; buatlah kontak mata dengan orang yang mewawancarai kamu, atau orang-orang yang menghadiri presentasi kamu. Jika kamu masih belum bisa, latihlah dengan menatap area kening lawan bicara kamu.



3
Ubahlah Suara dalam Diri Kamu
Kebanyakan dari kita memiliki suara dalam diri yang cenderung negatif dengan mengatakan bahwa kita bodoh, tidak cukup mampu, terlalu gendut, kurus, berisik, pendiam, dll. Kemampuan mengubah suara di dalam diri kamu merupakan kunci untuk memperoleh kepercayaan diri dari dalam. Buat suara dalam diri kamu menjadi teman pendukung yang paling mengenal kamu dan mengetahui bakat kamu, serta menginginkan kamu untuk mencapai yang terbaik.


4
Jangan terlalu memikirkan perkataan Orang Lain
Terlepas dari situasi yang membuat kamu mengalami krisis percaya diri, kamu bisa membantu diri kamu sendiri dengan berpegang pada standar yang kamu miliki. Orang lain memiliki nilai yang berbeda dengan kamu,dan sekeras apa pun kamu mencoba, kamu tidak pernah bisa memuaskan semua orangsetiap saat. Jangan khawatir jika orang-orang menyebut kamu gendut, kurus,pemalas, membosankan, pelit, konyol, dll.. Bertahanlah pada standar yang kamu miliki, bukan pada standar yang dimiliki orang lain. Ingatlah nilai-nilai dan standar-standar yang dimiliki umumnya berbeda dalam masyarakat; kamu tidak harus menerima nilai dan standar tersebut hanya karena orang-orang di sekitar menerimanya.




5
Berikan Penampilan Terbaik
 Meskipun kamu hanya memiliki sedikit waktu, pergilah ke kamar mandi untuk memastikan kamu tampil dengan penampilan yang terbaik.  Karenahal inidapat membuat perbedaan antara rasa percaya diri terhadap penampilan kamu danrasa takut kamu terhadap penampilan kamu. ”Sempurnakan penampilan fisik kamu;sudah merupakan fakta bahwa penampilan seseorang memainkan peranan pentingdalam membangun rasa percaya diri. Meskipun kita tahu apa yang kita milikidalam diri kitalah yang penting, penampilan fisik kamu menentukan impresi orang terhadap diri kamu.


6
Awali dengan Doa
Sejenak Jika kamu percaya pada Yang Maha Kuasa, mengucapkan doa bisa meningkatkan rasa percaya diri kamu (kamu juga bisa melakukan meditasiselain berdoa). Langkah ini membantu kamu untuk mundur sesaat dari situasi yangserba cepat dan mencari bantuan dari Yang Maha Kuasa. Berdoa membuat pikirandan jiwa kamu menjadi lebih tenang dan mengeluarkan kemampuan terbaik kamu.


7
Reka Ulang
Jika sesuatu terjadi diluar dugaan kamu, hal ini sudah cukupmudah menggoyahkan rasa percaya diri kamu. Mungkin kamu menumpahkan minuman kamu,terlambat hadir di sebuah pertemuan penting karena macet, atau seseorang yangingin kamu ajak bicara memberikan tanggapan dingin. Cobalah untuk memikirkan kembali situasi tersebut dan tempatkan pada situasi yang lebih positif. Seringkali suatu kejadian menjadi negatif karena persepsi kita sendiri.


8
Bicaralah Perlahan
Sebuah tips sederhana agar kamu terlihat atau menjadi lebih percaya diri adalah dengan bicara perlahan. Jika kamu bicara terlalu cepat, kamu akan merasa tidak enak karena kamu sadar kamu bicara terlalu cepat. Bicara perlahan memberi kamu kesempatan untuk memikirkan apa yang kamu akan katakanselanjutnya. Jika kamu sedang berbicara atau melakukan presentasi, berhentilah sesaat pada akhir sebuah frase atau kalimat untuk membantu orang lain mencerna apa yang kamu katakan. Berbicara perlahan menunjukkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa kata-katanya tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "8 Cara Cepat Meningkatkan Rasa Percaya Diri"