Gorilla glass itu, apa sih?

Gorilla glass itu, apa sih?





Mengenal Kembali Gorilla Glass



Halo semua!! Setiap hari, kita pasti sering mendengaristilah Gorilla Glass, lalu apa sih sebenarnya Gorilla Glass itu? Yuk kita lebih dalami lagi pengetahuan tentang teknologi yang satu ini dengan menyimak artikel di bawah 










 
Pengertian Gorilla Glass 
Gorilla Glass atau dalam bahasa Indonesianya ialah kaca gorila, adalah lapisan lembaran terluar pada kaca yang terdapat di ponsel pintar kita. Lembaran kaca aluminosilikat alkali yang direkayasa secara khusus untuk menjadi tipis, ringan dan tahan dari kerusakan. Walaupun terkenal  dipakai pada ponsel pintar, rupanya teknologi ini juga  digunakan pada layar perangkat elektronik seperti layar pemutar media portabel, layar komputer, Layar ATM, layar kamera, beberapa layar televisi, dan lain-lain. Gorilla glass diproduksi oleh Corning Inc. perusahaan manufaktur yang berasal dari Amerika Serikat. 
Walaupun kuat dan tahan bantng, ternyata Gorilla Glass tetap memiliki respon sensitif. Fitur ini yang menjadi keunggulan utamanya selain dari bahannya yang mudah dibersihkan dan diklaim ramah lingkungan, bahkan dapat didaur ulang.






 
Bagaimana Proses Pembuatan Gorilla Glass 
Proses pembuatan adalah fase yang penting agar kaca ini menjadi kuat namun tetap ringan. Hal tersebut berkat pertukaran ion Kacaini menjadi kuat berkat pertukaran ion yang terjadi selama proses pembuatan. Pada prosesnya bubuk kaca ditempatkan pada garam kalium cair di temperature 400°C. 
Kemudian ion sodium yang lebih kecil meninggalkan kaca dan ion potassium dari bak garam tersebut menggantikannya Ion-ion yang lebih besar mengambil lebih banyak ruang. Nah, ketika ditekan bersama-sama, kaca  tersebut mendingin serta menghasilkan lapisanyang bertindak bagai “perisai” pada permukaan kaca. 

Komposisi khusus tadi memungkinkan ion kalium untuk menyebar ke permukaan, dam  menciptakan tekanan yang tinggi ke dalam kaca. Lapisan Kompresi inilah yang lebih tahan terhadap kerusakan dan penggunaansehari-hari.






 
Sejarah Gorilla Glass 
Walaupun telah berdiri sejak tahun 1851, nama Corning tidak akan pernah terdegar di telinga kita apabila pada tahun 2006, prototipe Iphone milik CEO Apple Inc, mendiang Steve Jobs tidak tergores kala ia menyimpan ponsel tersebut dengan kunci mobil di saku.  Hal inilah yang membuat Ste kemudian menghubungi CEO Corning Inc kala itu, yaitu Wendell Weeks, untuk membuat kaca yang ringan dan kuat untuk digunakan di ponsel buatan pabriknya tersebut. Butuh beberapa waktu bagi Steve meyakinkan Weeks untuk memproduksi kembali kaca tersebut. Hingga akhirnya Corning Glass tersebut diadopsi pada Iphone generasi pertama, yang diikuti oleh pabrikan ponsel lainnya hingga hari ini.






 Jenis Gorilla Glass

Sejak pertama kali dirilis, Corning Inc. telah mengembangkan berbagai versi Gorilla Glass, yang kamu bisa lihat di bawah ini;

❂  Gorilla Glass - 2010
Ini adalah seri pertama dari Gorilla Glass, seri ini pertama kali digunakan pada Iphone dan menjadi awal masa jaya Corning dalam menjual produknya bagi ponsel pintar.


❂ Gorilla Glass 2 - 2012
Tidak lama setelahnya, Corning merilis seri kedua, yang diklaim lebih sensitif terhadap sentuhan dan lebih cerah. Dengan ketebalah yang 20% lebih tipis dari generasi sebelumnya.

❂ Gorilla Glass 3 - 2013
Setahun kemudian, diluncurkanlah Gorilla Glass 3 dengan kemampuan yang lebih daripada generasi sebelumnya, yaitu NDR atau Native Damage Resistance. Teknologi ini dapat menahan goresan sampai tiga kali lipat daripada generasi sebelumnya. 

❂ Gorilla Glass 4 - 2014
Corning tidak mau berhenti mengembangkan teknologi anti goresnya hingga pada 2014 mereka berhasil mengembangkan generasi keempat yang diklaim dua kali lebih kuat dibandingkan kompetitornya dan telah berhasil melewati "Drop Test" di permukaan yang kasar sekalipun. 

❂ Gorilla Glass 5 - 2016
Dan yang terbaru, Corning telah merilis generasi kelima dari kaca anti gores mereka yang menawarkan perlindungan dari kerusakan walaupun dijatuhkan dari ketinggian 1,8 Meter dengan tingkat keberhasilan tanpa gores hingga 80 persen. 





Hingga saat ini, lebih dari 5 miliar perangkat smartphone dari 40 merk Smartphone telah menggunakan Gorilla Glass. Dan sudah jelas, ponsel yang menggunakan teknologi ini lebih tahan dari benturan dan goresan  . Semoga Bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Gorilla glass itu, apa sih?"

  1. wah penjelasannya yang sangat detail gan!!! makasih atas infonya, gan!!!

    ReplyDelete
  2. jad itu begitu ya gan, makasih infonya gan

    ReplyDelete